Sabtu, 31 Oktober 2015

Silabus Kelas 3 SDN 01 Kayupuring

  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: KEGIATAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
·     Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
·      
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     membaca teks Sumpah Pemuda
·     Membaca teks Sumpah Pemuda
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
2 minggu
Gambar
Buku
yang relevan
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
·     Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/     desa
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik
·     mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah
·     mencatat kegiatan Karang Taruna yang berupaya    menggalang persatuan dan kesatuan
·     membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah
·     Memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik
·     Mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah Mencatat kegiatan     Karang Taruna yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan Membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah



3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
·     Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara Lisan
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah    dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
·     Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
·     Menjelaskan isi teks (100 – 150) melalui membaca intensif
·     Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan     memperhatikan penggunaan ejaan
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     Memberikan tanggapan dan saran melalui pengamatan     gambar
·     membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
·     menjawab pertanyaan bacaan
·     menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
·     menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung
·     menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk  memisahkan rupiah, persepuluh,
·     menulis kalimat dengan menggunakan tanda
·     Mendengarkan penjelasan lomba
·     Menyusun percakapan melalui telepon
·     Memberikan tanggapan dan saran melalui pengamatan gambar
·     Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
·     Menjawab pertanyaan bacaan
·     Menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
·     Menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung
·     Menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh, dan se
·     Menulis kalimat dengan menggunakan tanda seru
·     Menggunakan kata depan di- dan ke-



4. Matematika
·     Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·     Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
·     Menentukan letak bilangan pada garis bingan
·     Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan     pembagian bilangan tiga angka
·     Melakukan operasi hitungan campuran
·     Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau                 jam)
·     Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan     antarsatuan berat
·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     menentukan pola pada garis bilangan
·     mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
·     mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
·     membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
·     menyebutkan jenis alat ukur sederhana
·     memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
·     membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
·     membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
·     menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam,  hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram
·     Menentukan posisi pada garis bilangan
·     Menentukan pola pada garis bilangan
·     Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
·     Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
·     Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
·     Menyebutkan jenis alat ukur sederhana
·     Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
·     Membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
·     Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
·     Menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram




5. IPA :
·     Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·     Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·     Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
·     Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
·     Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi     benda padat, cair, dan gas
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     mempraktekkan cara memelihara tanaman
·     membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan      tidak sehat
·     mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
·     mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
·     mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas
·     Mempraktekkan cara memelihara tanaman
·     Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan tidak sehat
·     Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
·     Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
·     Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas



v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )



Mengetahui
Kepala Sekolah




MUH SAMSUDIN, M.Pd
NIP.197101151993031005

Kayupuring, ...................2014
Guru  Kelas




MUH SAMSUDIN, M.Pd
NIP.197101151993031005





























 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar