SILABUS
PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA:
KEGIATAN
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan
Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
|||
|
1. PKN :
· Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
· Mengenal makna Satu
Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
· Mengamalkan nilai-nilai
Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
·
|
· Makna satu nusa, satu
bangsa, dan satu bahasa
|
· membaca teks Sumpah Pemuda
|
· Membaca teks Sumpah Pemuda
|
Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan
|
2 minggu
|
Gambar
Buku
yang relevan
|
|||
|
2. IPS :
· Memahami lingkungan dan melaksanakan
kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
· Memelihara lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah
· Melakukan kerja sama di lingkungan rumah,
sekolah, dan kelurahan/ desa
|
· Kerja sama di lingkungan rumah
|
· memberi contoh memelihara lingkungan
dengan cara yang baik
· mempraktekkan cara memelihara lingkungan
rumah
· mencatat kegiatan
Karang Taruna yang berupaya
menggalang persatuan dan kesatuan
· membuat gambar yang
menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah
|
· Memberi contoh
memelihara lingkungan dengan cara yang baik
· Mempraktekkan cara
memelihara lingkungan rumah Mencatat kegiatan Karang Taruna yang berupaya menggalang
persatuan dan kesatuan Membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di
lingkungan sekolah
|
|
|
|
|||
|
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
· Memahami penjelasan
tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
· Mengungkapkan pikiran,
perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
· Memahami teks dengan membaca nyaring,
membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
· Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
|
· Melakukan sesuatu
berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara Lisan
· Memberikan tanggapan
dan saran sederhana terhadap suatu masalah
dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
· Membaca nyaring teks
(20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
· Menjelaskan isi teks
(100 – 150) melalui membaca intensif
· Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang
tersedia dengan memperhatikan
penggunaan ejaan
|
· Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
· Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
· Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
· Memberikan tanggapan
dan saran sederhana.
· Menjelaskan isi teks
|
· Memberikan tanggapan
dan saran melalui pengamatan gambar
· membaca bersuara dengan
lafal dan intonasi yang tepat
· menjawab pertanyaan bacaan
· menggunakan huruf
kapital dan tanda baca pada kalimat
· menulis kalimat dengan
menggunakan tanda hubung
· menulis kalimat dengan
menggunakan koma untuk memisahkan
rupiah, persepuluh,
· menulis kalimat dengan
menggunakan tanda
|
· Mendengarkan penjelasan lomba
· Menyusun percakapan melalui telepon
· Memberikan tanggapan
dan saran melalui pengamatan gambar
· Membaca bersuara dengan
lafal dan intonasi yang tepat
· Menjawab pertanyaan bacaan
· Menggunakan huruf
kapital dan tanda baca pada kalimat
· Menulis kalimat dengan
menggunakan tanda hubung
· Menulis kalimat dengan
menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh, dan se
· Menulis kalimat dengan
menggunakan tanda seru
· Menggunakan kata depan di- dan ke-
|
|
|
|
|||
|
4. Matematika
· Melakukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
· Menggunakan pengukuran waktu, panjang
dan berat dalam memecahkan masalah
|
· Menentukan letak bilangan pada garis
bingan
· Melakukan perkalian yang hasilnya
bilangan tiga angka dan pembagian
bilangan tiga angka
· Melakukan operasi hitungan campuran
· Memilih alat ukur sesuai dengan
fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
· Mengenal hubungan antarsatuan waktu,
antarsatuan panjang, dan
antarsatuan berat
|
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan
berat
|
· menentukan pola pada garis bilangan
· mengubah bentuk perkalian menjadi
pembagian
· mengubah bentuk pembagian menjadi
perkalian
· membedakan bilangan ganjil dan genap
berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
· menyebutkan jenis alat ukur sederhana
· memilih alat ukur yang sesuai dengan
benda yang diukur
· membaca tanda waktu jam, setengah
jam, seperempat jam pada jarum jam
· membaca tanda waktu sampai lima
menit pada jarum jam
· menentukan hubungan antarsatuan waktu:
menit, jam, hari, minggu, bulan, dan
tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram
|
· Menentukan posisi pada garis bilangan
· Menentukan pola pada garis bilangan
· Mengubah bentuk perkalian menjadi
pembagian
· Mengubah bentuk pembagian menjadi
perkalian
· Membedakan bilangan ganjil dan genap
berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
· Menyebutkan jenis alat ukur sederhana
· Memilih alat ukur yang sesuai dengan
benda yang diukur
· Membaca tanda waktu jam, setengah
jam, seperempat jam pada jarum jam
· Membaca tanda waktu sampai lima
menit pada jarum jam
· Menentukan hubungan antarsatuan waktu:
menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons,
gram
|
|
|
|
|||
|
5. IPA :
·
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal
yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap
kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·
Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan
kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
· Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
· Menjelaskan cara
menjaga kesehatan lingkungan sekitar
· Mengidentifikasi
sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas
|
· Ciri-ciri dan kebutuhan
makhluk hidup dan tak hidup.
· Perubahan pada
makhluk hidup
· Sifat-sifat benda
|
· mempraktekkan cara memelihara tanaman
· membuat kliping yang menunjukkan
lingkungan sehat dan tidak sehat
· mengidentifikasi sifat-sifat khusus
benda padat
· mengidentifikasi sifat-sifat khusus
benda cair
· mengidentifikasi sifat-sifat
khusus benda gas
|
· Mempraktekkan cara memelihara tanaman
· Membuat kliping yang menunjukkan
lingkungan sehat dan tidak sehat
· Mengidentifikasi sifat-sifat khusus
benda padat
· Mengidentifikasi sifat-sifat khusus
benda cair
· Mengidentifikasi sifat-sifat khusus
benda gas
|
|
|
|
|||
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
|
|
|
|||||||
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
MUH SAMSUDIN, M.Pd
NIP.197101151993031005
|
|
Kayupuring, ...................2014
Guru Kelas
MUH SAMSUDIN, M.Pd
NIP.197101151993031005
|
||||||||
![]() |

Tidak ada komentar:
Posting Komentar